Pengertian Harga
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) harga adalah nilai barang yang ditentukan
atau dirupakan dengan uang; jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai yang
harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar
tertentu. Harga berperan sebagai faktor penentu pembeli dalam memilih barang
atau jasa. Umumnya apabila harga terlalu tinggi maka konsumen memilih untuk
tidak membelinya karena tidak dapat terjangkau. Namun apabila harga terlalu
rendah maka profitabilitas yang didapat penjual akan rendah bahkan merugi,
karena itu penetapan harga tak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.
Berikut
beberapa pendapat para ahli terkait harga :
1.
Philip Kotler
Harga
adalah sejumlah uang yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau
menggunakan produk dan jasa.
2.
Basu Swastha
Harga
adalah jumlah uang yang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang
dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta
pelayanannya.
3.
Willian J. Stanton
Harga
adalah jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk
memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya.
4.
Jerome Mc Carthy
Harga
adalah apa yang dibebankan untuk sesuatu.
5.
Andi
Harga
menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi pilihan seseorang pembeli. Harga cukup
berperan dalam menentukan pembelian konsumen, untuk itu sebelum menetapkan
suatu harga, sebaliknya perusahaan melihat beberapa referensi harga suatu
produk yang dinilai cukup tinggi dalam penjualan.
Berdasarkan
beberapa pendapat para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa harga adalah
sejumlah uang yang dibayarkan oleh konsumen dengan harapan mendapatkan manfaat
dari barang atau jasa tersebut.
Konsep Harga
Dalam
teori ekonomi, harga, utility dan value (nilai) memiliki konsep yang saling
berkaitan dengen penetapan harga. Yang dimaksud utility dan value adalah :
1.
Utility
Suatu
atribut yang melekat pada suatu barang, yang membuat barang tersebut memenuhi
kebutahan, keinginan, dan kepuasan konsumen.
2.
Value (Nilai)
Nilai
suatu produk untuk ditukar dengan produk lain. Nilai ini dapat diketahui dalam
keadaan barter (pertukaran barang). Namun karena sistem barter ini sudah tidak
digunakan lagi, perekonomian menggunakan uang sebagai satuan harga. Niali suatu
produk dapat dinyatakan dengan uang.
Tujuan Penetapan Harga
- Berorientasi pada laba yaitu bahwa setiap perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba yang paling tinggi.
- Berorientasi pada volume yaitu penetapan harga berorientasi pada volume tertentu.
- Berorientasi pada citra (image) yaitu bahwa image perusahaan dapat dibentuk melalui harga.
- Stabilisasi harga yaitu penetapan harga yang bertujuan untuk mempertahankan hubungan yang stabil antara harga perusahaan dengan harga pemimpin pasar (market leader).
- Tujuan lainnya yaitu menetapkan pasar dengan tujuan mencegah masuknya pesaing, mempertahankan loyalitas konsumen, mendukung penjualan ulang atau menghindari campur tangan pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar