Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan
hal yang penting bagi kehidupan untuk proses interaksi. Sebagai makhluk sosial,
manusia dalam kelompok masyarakat, dalam menjalani aktivitas sejak bangun
hingga tidur kembali senantiasa terlibat dalam kegiatan komunikasi. Bila
ditelisik lebih dalam manusia dalam menjalani kehidupan kesehariannya sebagian
diisi dengan kegiatan komunikasi. Mulai dari mengobrol, menonton TV, membaca
Koran dan sebagainya.
Secara etimologi
(bahasa) komunikasi berasal dari kata communico
(berbagi), kemudian berkembang ke dalam bahasa latin communis yang berarti sama. Bahasa latin communis memiliki arti membuat kebersamaan atau membangun
kebersamaan antara dua orang atau lebih. Secara bahasa komunikasi bisa
diartikan kegiatan berbagi atau penyampaian (pesan) dari satu orang ke yang
lain dengan tujuan mencapai kebersamaan atau pemahaman melalui sebuah pesan.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi didefinisikan sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Secara terminologi ada banyak ahli yang memberikan pendapat mengenai definisi “komunikasi”. Beberapa pendapat para ahli tersebut antara lain :
- Menurut J.A Devito, komunikasi merupakan suatu tindakan oleh satu orang atau lebih yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan terjadi dalam satu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik.
- Menurut Hovland, Jains, dan Kelley, komunikasi adalah suatu proses melalui dimana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya bentuk kata-kata) dengan tujuan untuk membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).
- Menurut Wursanto, komunikasi adalah proses kegiatan pengoperan/penyampaian warta/berita/informasi yang menganding arti dari satu pihak (seseorang atau tempat) kepada pihak lain dalam usaha mendapatkan saling pengertian.
- Menurut Edward Depari, komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti yang dilakukan oleh penyampai pesan ditujukan kepada penerima pesan.
- Menurut Lasswell, komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.
Dari beberapa pendapat
para ahli diatas bisa disimpulkan bahwa komunikasi adalah suatu pengiriman
pesan yang mengandung arti dari seorang komunikator (pemberi pesan) kepada
komunikan (penerima pesan) dengan tujuan tertentu.
Unsur-Unsur Komunikasi
Suatu komunikasi dapat dikatakan terjadi apabila terdapat unsur-unsurnya, berikut unsur-unsur komunikasi antara lain :
- Komunikator
Komunikator adalah
seseorang atau pihak yang berperan dalam menyampaikan atau mengirim pesan
kepada komunikan. Dalam komunikasi komunikator sangat penting karena mengerti
tidaknya komunikan tergantung cara penyampaian komunikator. Persamaan makna
antara yang disampaikan dengan yang diterima sangat bergantung pada
komunikator.
- Komunikan
Komunikan adalah
seseorang atau pihak berperan sebagai penerima pesan dari komunikator.
Komunikan atau penerima pesandapat terdiri dari satu orang atau lebih, bisa
dalam bentuk kelompok, partai atau negara. Komunikan adalah elemen penting
dalam komunikasi karena dialah yang menjadi sasaran dalam komunikasi. Komunikan
harus dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator
- Pesan
Pesan adalah sesuatu
yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dan memiliki makna. Pesan
dapat berupa verbal ataupun non verbal. Pesan verbal dapat berupa lisan dan
tulisan, seperti telepon, radio, surat, dan memo. Sedangkan pesan non verbal
dapat berupa isyarat, gambar, simbol dan sebagainya.
- Media
Media adalah alat atau
sarana yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada
komunikan atau sarana bagi komunikan untuk memberikan feedback (balasan) kepada komunikator. Suatu pesan dapat
disampaikan melalui berbagai media contohnya surat, radio, telephon dan
sebagainya.
- Efek
Efek adalah perbedaan
antara apa yag dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh komunikan sebelum dan
sesudah menerima pesan. Pengaruh ini bisa diartikan perubahan yang terjadi pada
pengetahuan, sikap atau tingkah laku seseorang akibat menerima pesan.
- Feedback
Feedback atau umpan
balik adalah respon atau tanggakan komunikan setelah mendapatkan pesan dari
komunikator. Dalam komunikasi yang dinamis antara komunikator dengan komunikan
akan saling terus menerus bertukar pesan.
Tujuan Komunikasi
Komunikasi dilakukan memiliki beberapa tujuan, apabila diperinci maka :
- Social Change (Perubahan Sosial). Komunikasi dilakukan dengan orang lain, diharapkan akan ada perubahan sosial dalam kehidupannya, seperti halnya kehidupannya akan lebih baik sebelum berkomunikasi.
- Attitude Change (Perubahan Sikap). Seseorang melakukan komunikasi juga berhadap akan terjadi perubahan sikap.
- Opinion Change (Perubahan Pendapat). Komunikasi dilakukan juga mempunyai harapan untuk mengubah pendapat orang lain.
- Behavior Change (Perubahan Perilaku). Seseorang berkomunikasi juga ingin mengadakan perubahan perilaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar