Tempatnya Berbagai Info Penulis

Sabtu, 07 Agustus 2021

Struktur Pasar : Pengertian, Faktor, dan Jenis

Pasar

Pengertian Struktur Pasar

Struktur pasar adalah keadaan pasar yang memberikan petunjuk tentang aspek-aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar, seperti jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan keluar pasar, keragaman produk, sistem distribusi dan penguasaan pasar. Perbedaan pada elemen-elemen tersebut membedakan cara masing-masing pelaku pasar dalam industri berperilaku, yang pada akhirnya akan menentukan perbedaan kinerja pasar yang terjadi.

Faktor yang Menentukan Struktur Pasar

- Jumlah perusahaan atau penjual yang ada di dalam pasar

Semakin banyak perusahaan yang memproduksi barang yang sama maka akan semakin keras persaingan dalam pasar. Hal ini akan mendorong produsen untuk meningkatkan kualitas produknya. Dengan begitu konsumen dapat membedakan merek dan kualitasnya.

- Jenis atau sifat barang yang diperjualbelikan

Jenis atau sifat barang yang diproduksi perusahaan juga akan menentukan struktur pasar. Sifat barang bisa homogen (sama) atau berbeda dan tidak dapat digantikan dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan lain.

Jenis Pasar Menurut Strukturnya

a.Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak serta barang yang ditawarkan sifatnya homogen. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling ideal karena struktur pasar ini akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang optimal.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

  • Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
  • Jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
  • Penjual dan pembeli memiliki informasi yang lengkap mengenai pasar
  • Tidak ada hambatan bagi atau mudah bagi penjual untuk masuk-keluar pasar
  • Tidak ada penetapan dari pihak lain yang bersifat memaksa terhadap permintaan, penawaran maupun harga

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  • Kebebasan dalam bertindak dan memilih
  • Dalam jangka panjang dapat meningkatkan efesiensi produk
  • Tidak ada hambatan mobilitas sumber-sumber ekonomi dari suatu usaha ke usaha lainnya

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

  • Tidak mendorong inovasi
  • Membatasi pilihan konusmen karena barang identik
  • Distribusi pendapatan tidak merata

Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar beras.

b. Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah bentuk pasar dimana seluruh penawaran atas sebuah parang dikuasau oleh satu perusahaan atau produsen saja. Dalam pasar monopoli murni tidak memungkinkan terjadinya substitusi terhadap barang yang ditawarkan perusahaan monopolis.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

  • Hanya terdapat satu perusahaan dan harga ditentukan sepenuhnya oleh perusahaan tersebut.
  • Promosi tidak terlalu diperlukan
  • Perusahaan lain tidak dapat masuk ke dalam pasar
  • Tidak ada komoditas pengganti yang benar-benar mirip

Kelebihan

  • Keuntungan produk relatif tinggi
  • Kecilnya bahkan tidak ada persaingan

Kelemahan

  • Pembeli tidak memiliki pilihan lain selain membeli produk tersebut
  • Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan

Contoh pasar monopoli adalah PT Pertamina yang menjual bahan bakar minyak

c. Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah bentuk pasar dimana banyak perusahaan yang menghasilkan barang sejenis namun karakteristiknya berbeda (tak identik). Pasar monopolistik sering dijumpai di sektor perdagangan eceran dan jasa.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

  • Terdapat banyak perusahaan atau produsen
  • Barang yang diproduksi beragam corak
  • Promosi dan iklan sangat diperlukan
  • Mudah dalam masuk-keluar pasar
  • Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan dalam mempengaruhi harga

Kelebihan Pasar Monopolistik

  • Produsen terpacu untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas
  • Konsumen memiliki banyak alternatif pilihan produk
  • Pendapatan perusahaan cenderung merata

Kekurangan Pasar Monopolistik

  • Persaingan relatif ketat
  • Diperlukan modal besar untuk bisa masuk ke dalam pasar

Contoh pasar monopolistic adalah pada penjualan rokok, terdapat merek Gudang Garam, Djarum, Dji Sam Soe, dan lain sebagainya.

d. Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah bentuk pasar dimana hanya terdapat beberapa perusahaan saja yang menjual suatu barang tertentu, sehingga perusahaan satu dengan yang lainnya (dalam pasar) dapat mempengaruhi harga. Produk yang diperjual belikan umumnya bersifat homogen. Dalam pasar oligopoli setiap perusahaan memiliki kekuatan cukup besar untuk mempengaruhi harga.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli

  • Hanya terdapat beberapa perusahaan dalam pasar
  • Peran iklan dan promosi sangat besar
  • Perusahaan baru sulit masuk dalam pasar
  • Produk homogen atau terdeiferensiasi

Kelebihan Pasar Oligopoli

  • Barang yang dihasilkan memiliki beragam corak
  • Efisiensi dalam menggunakan sumber daya
  • Pengembangan teknologi serta inovasi

Kekurangan Pasar Oligopoli

  • Persaingan harga yang ketat
  • Membutuhkan modal yang besar

Contoh pasar oligopoli adalan industri komputer.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top