Pengertian Struktur Pasar
Struktur pasar adalah keadaan pasar yang memberikan
petunjuk tentang aspek-aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku
usaha dan kinerja pasar, seperti jumlah penjual dan pembeli, hambatan masuk dan
keluar pasar, keragaman produk, sistem distribusi dan penguasaan pasar. Perbedaan
pada elemen-elemen tersebut membedakan cara masing-masing pelaku pasar dalam
industri berperilaku, yang pada akhirnya akan menentukan perbedaan kinerja
pasar yang terjadi.
Faktor yang Menentukan Struktur Pasar
- Jumlah perusahaan atau penjual yang ada di dalam
pasar
Semakin banyak perusahaan yang memproduksi barang
yang sama maka akan semakin keras persaingan dalam pasar. Hal ini akan
mendorong produsen untuk meningkatkan kualitas produknya. Dengan begitu konsumen
dapat membedakan merek dan kualitasnya.
- Jenis atau sifat barang yang diperjualbelikan
Jenis atau sifat barang yang diproduksi perusahaan
juga akan menentukan struktur pasar. Sifat barang bisa homogen (sama) atau
berbeda dan tidak dapat digantikan dengan produk yang dihasilkan oleh
perusahaan lain.
Jenis Pasar Menurut Strukturnya
a.Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar
dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak serta barang yang ditawarkan
sifatnya homogen. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang paling ideal
karena struktur pasar ini akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang
atau jasa yang optimal.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
- Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
- Jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
- Penjual dan pembeli memiliki informasi yang lengkap mengenai pasar
- Tidak ada hambatan bagi atau mudah bagi penjual untuk masuk-keluar pasar
- Tidak ada penetapan dari pihak lain yang bersifat memaksa terhadap permintaan, penawaran maupun harga
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
- Kebebasan dalam bertindak dan memilih
- Dalam jangka panjang dapat meningkatkan efesiensi produk
- Tidak ada hambatan mobilitas sumber-sumber ekonomi dari suatu usaha ke usaha lainnya
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
- Tidak mendorong inovasi
- Membatasi pilihan konusmen karena barang identik
- Distribusi pendapatan tidak merata
Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar beras.
b. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk pasar dimana seluruh
penawaran atas sebuah parang dikuasau oleh satu perusahaan atau produsen saja.
Dalam pasar monopoli murni tidak memungkinkan terjadinya substitusi terhadap
barang yang ditawarkan perusahaan monopolis.
Ciri-ciri Pasar Monopoli
- Hanya terdapat satu perusahaan dan harga ditentukan sepenuhnya oleh perusahaan tersebut.
- Promosi tidak terlalu diperlukan
- Perusahaan lain tidak dapat masuk ke dalam pasar
- Tidak ada komoditas pengganti yang benar-benar mirip
Kelebihan
- Keuntungan produk relatif tinggi
- Kecilnya bahkan tidak ada persaingan
Kelemahan
- Pembeli tidak memiliki pilihan lain selain membeli produk tersebut
- Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan
Contoh pasar monopoli adalah PT Pertamina yang
menjual bahan bakar minyak
c. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah bentuk pasar dimana banyak
perusahaan yang menghasilkan barang sejenis namun karakteristiknya berbeda (tak
identik). Pasar monopolistik sering dijumpai di sektor perdagangan eceran dan
jasa.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik
- Terdapat banyak perusahaan atau produsen
- Barang yang diproduksi beragam corak
- Promosi dan iklan sangat diperlukan
- Mudah dalam masuk-keluar pasar
- Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan dalam mempengaruhi harga
Kelebihan Pasar Monopolistik
- Produsen terpacu untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas
- Konsumen memiliki banyak alternatif pilihan produk
- Pendapatan perusahaan cenderung merata
Kekurangan Pasar Monopolistik
- Persaingan relatif ketat
- Diperlukan modal besar untuk bisa masuk ke dalam pasar
Contoh pasar monopolistic adalah pada penjualan
rokok, terdapat merek Gudang Garam, Djarum, Dji Sam Soe, dan lain sebagainya.
d. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah bentuk pasar dimana hanya
terdapat beberapa perusahaan saja yang menjual suatu barang tertentu, sehingga
perusahaan satu dengan yang lainnya (dalam pasar) dapat mempengaruhi harga.
Produk yang diperjual belikan umumnya bersifat homogen. Dalam pasar oligopoli
setiap perusahaan memiliki kekuatan cukup besar untuk mempengaruhi harga.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli
- Hanya terdapat beberapa perusahaan dalam pasar
- Peran iklan dan promosi sangat besar
- Perusahaan baru sulit masuk dalam pasar
- Produk homogen atau terdeiferensiasi
Kelebihan Pasar Oligopoli
- Barang yang dihasilkan memiliki beragam corak
- Efisiensi dalam menggunakan sumber daya
- Pengembangan teknologi serta inovasi
Kekurangan Pasar Oligopoli
- Persaingan harga yang ketat
- Membutuhkan modal yang besar
Contoh pasar oligopoli adalan industri komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar