Biasanya seseorang bila ingin
memasarkan produk, jasa, atau lawangan kerja melalui iklan. Iklan dalam bahasa
inggris biasa disebut advertisement.
Definition of advertisement
Advertisement ( iklan ) is a text
that has the objective to announce a something that appeals to many poeple and
that adds a well known product in all public.
Advertisement ( iklan ) adalah teks
yang memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak
orang dan agar suatu produk bertambah terkenal di semua kalangan umum. Iklan
bisa berupa tulisan pendek, gambar maupun film pendek, iklan bisa dibuat untuk
mempromosikan barang untuk dijual, jasa, lowongan kerja, rumah, dan lain-lain.
Iklan biasanya di pasang di televisi, spanduk, radio, surat kabar, maupun media
massa.
Purpose of advertisement
The purpose of the advertisement is
to announce/advert about a case or a public, or in other words to introduce a
product to the public in order to buy and attracted to the product being
advertised.
Tujuan iklan adalah untuk
mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada masyarakat atau
dalam kata lain untuk mengenalkan produk ke masyarakat agar dapat membeli dan
tertarik kepada produk yang di iklankan. Secara konseptual, tujuan periklanan
pada umumny digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.Informative Advertising (
periklanan informatif ), digunakan pada saat suatu kategori produk yang baru
mulai diperkenalkan, tujuannya adalah membangun permintaan awal.
2.Persuasive Advertising (
periklanan persuasif ), digunakan untuk membangun permintaan selektif akan
suatu merek dengan cara meyakinkan konsumen bahwa merek tersebut adalah merek
terbaik di kelasnya.
3.Reminder Advertising (iklan
pengingat ), digunakan untuk menjaga agar konsumen tetap mengingat suatu
produk.
Iklan memiliki beberapa fungsi yaitu
:
-Memberikan informasi
Periklanan dapat menambah nilai pada
suatu barang dan memberikan informasi kepada konsumen.
-Membujuk atau mempengaruhi
Iklan akan membuat konsumen terpengaruh
akan barang atau jasa yang diiklankan dengan kata-kata menarik dalam iklan
tersebut.
-Menciptakan kesan tertentu
Dengan sebuah iklan, orang akan
mempunyai suatu kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
-Memuaskan keinginan
Periklanan merupakan suatu alat yang
bisa dipakai untuk mencapai tujuan, dan tujuan itu sendiri berupa pertukaran
yang saling memuaskan.
-Alat komunikasi
Periklanan dapat menjadi alat
komunikasi antara penjual dan pembeli secara tidak langsung.
Strcture of advertisement
Title
Bagian dari advertisement yang
merupakan topik utama/judul, contoh Diskon sepatu 30 %.
Explanation
Berisi mengenai penjelasan dari
iklan tersebut.
NB : Untuk struktur ini ada beberapa pendapat ada yang memasukkan tagline juga (isinya seperti motto dari iklan tersebut yang ada pada judul), tapi saya hanya memberikan struktur secara umum saja.
Contoh Advertisement :
Boleh banget nih infonya... Buat juga artikel mengenai desain dan tema-tema iklan dong Bos.
BalasHapusAne gak ahli gan masalah itu takutnya nanti ane memberikan ilmu yang salah
HapusMakasih kang infonya, bermanfaat
BalasHapusBaru tau saya dengan advertisement; pengertian, tujuan, dan struktur teksnya,
BalasHapus